Andritany Berbagi Pengalaman Dalam EPA Liga 1 Future Stars Camp 2023

Andritany Berbagi Pengalaman Dalam EPA Liga 1 Future Stars Camp 2023

18 November 2023

EPA LIGA 1 U18 2023-24

TANGERANG - Kiper sekaligus kapten Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa, berkesempatan berbagi pengalaman karir sepak bolanya kepada para peserta Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 Future Stars Camp 2023 di Nirwana Park, Bojongsari dan Fame Hotel, Gading Serpong, pada 15-19 November 2023.

Ajang ini diikuti oleh para pemain terbaik EPA Liga 1 2023/24 yang telah bergulir selama 12 pekan. Terdapat 108 pemain terpilih dari kompetisi EPA U16 dan U18. Masing-masing kategori dibagi menjadi tiga tim berdasarkan wilayahnya yaitu West, Central, dan East. Setiap tim diisi oleh 18 pemain. Selain latihan ada beberapa materi yang diberikan oleh para ekspeter. Salah satunya kiper asal Persija.

Dalam pembicaraan pada Jumat (17/11), Andri menekankan kepada para juniornya dari seluruh klub Liga 1 itu agar fokus membuat fondasi dalam membangun mimpi menjadi pemain profesional. Selain teknik individu dan pemahanan taktik dan strategi, ada beberapa aspek lain yang harus dimiliki seorang pesepak bola.

“Jadi pemain sepak bola itu harus memiliki mental yang tangguh. Kalian jangan mau kalah dengan siapa pun, termasuk dengan teman satu tim dan lawan. Kalian harus terus memiliki tekad untuk jadi yang terbaik. Tentunya harus dilakukan dengan cara yang positif. Yang sudah main reguler harus berusaha tetap menjadi andalan. Yang belum sampai di posisi itu harus berambisi untuk jadi yang utama,” kata Andri.

Selain itu, kebugaran fisik pun harus menjadi prioritas untuk para pemain. Salah satu cara untuk menjaga hal tersebut adalah memahami nutrisi dalam makanan.

“Tubuh pesepak bola itu ibarat mobil balap yang harus diisi oleh bahan bakar pilihan. Percuma kalau mobil balap tapi hanya diisi oleh bahan bakar biasa. Apakah berat makan ideal sesuai takaran nutrisi? Tidak. Semua itu harus dibiasakan sejak usia muda,” tutur kiper berusia 31 tahun itu.

Selain fisik, teknik, taktik, dan mental, ada aspek pendukung yang tak kalah penting. Salah satunya pemahaman soal statistik atau video analysis. 

“Saat ini statistik sangat penting. Kalian bisa mengetahui keunggulan dan kelemahan diri sendiri serta lawan dari data itu. Di masa sepak bola modern seperti ini banyak hal yang harus dikuasai,” ucap Andri.

Selain Andri, nutritionist Persija, Emilia Achmadi, MS RDN, pun ikut berbagi ilmu dalam EPA Liga 1 Future Stars Camp 2023.

“Jenis makanan yang sesuai takaran nutrisi yang benar tidak melulu dengan western food. Justru makanan Indonesia lebih banyak variasinya. Jadi harus dibiasakan sejak dini,” ujar Emil.