Daftar Klub Lolos Babak 8 Besar EPA Liga 1 U18 2023/24: Bali United Perkasa, Persis Lolos Berkat Unggul Head-to-head Atas Persib

Daftar Klub Lolos Babak 8 Besar EPA Liga 1 U18 2023/24: Bali United Perkasa, Persis Lolos Berkat Unggul Head-to-head Atas Persib

22 Januari 2024

EPA LIGA 1 U18 2023-24

JAKARTA - Delapan klub terbaik berhak melaju ke babak 8 besar Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U18 2023/24. Bali United FC jadi klub yang paling perkasa di antara partisipan lainnya yang lolos dengan status juara Grup C, sedangkan Persis Solo diuntungkan lewat head-to-head atas Persib Bandung untuk melenggang ke babak selanjutnya dari Grup B.

Grup A hanya menyumbang dua klub ke babak 8 besar. Persija Jakarta finis sebagai juara grup dengan koleksi 43 poin. Pendampingnya adalah PSIS Semarang yang berada di posisi 2 dengan 34 poin.

Perubahan juara dan runner-up grup terjadi di Grup B. Borneo FC Samarinda berhasil memuncaki klasemen akhir usai mengalahkan PSS Sleman di pekan ke-20 dengan skor 1-0. Sebelumnya, kedua klub bermain imbang 2-2.

Berkat kemenangan itu, Borneo FC menyudahi babak pendahuluan dengan 38 poin. Mereka unggul satu angka dari lawan, sekaligus pesaing terdekatnya, PSS Sleman yang hanya mengumpulkan 37 poin. 

Satu lagi klub yang lolos dari Grup B adalah Persis Solo. Di klasemen akhir, 36 poin yang dimiliki Persis sebenarnya sama dengan Persib Bandung. Kedua klub ini sama-sama meraih enam poin dari dua laga terakhir.

Hanya saja, Persis lolo berkat keunggulan head-to-head atas Persib. Persis dan Persib sama-sama saling mengalahkan dua kali, tetapi Persis unggul berkat produktivitas gol atas Persib. Itu yang membuat Persis berhak menempati peringkat ketiga.

Di Grup C, Bali United mempertegas kekuatannya dengan menang di dua laga terakhir. Bali United finis sebagai pemuncak klasemen dengan 46 poin atau hanya kalah dua kali dari total 20 pertandingan yang sudah dijalani.

Dua klub yang mendampingi Bali United ke babak 8 besar, di antaranya Bhayangkara Presisi Indonesia FC dengan 39 poin dan PSM Makassar dengan koleksi 31 poin. 

Daftar Klub Lolos Babak 8 Besar EPA Liga 1 U18 2023/24:
Grup X

Persija Jakarta (Juara Grup A)
PSS Sleman (Runner-up Grup B)
Bali United (Juara Grup C)
PSM Makassar (Peringkat ketiga terbaik ke-2)

Grup Y
PSIS Semarang (Runner-up Grup A)
Borneo FC Samarinda (Juara Grup B)
Bhayangkara Presisi Indonesia FC (Runner-up Grup C)
Persis Solo (Peringkat ketiga terbaik ke-1)