Menanti Cerita Akhir Persaingan Grup B

Menanti Cerita Akhir Persaingan Grup B

19 Januari 2024

EPA LIGA 1 U18 2023-24

JAKARTA - Persaingan Grup B EPA Liga 1 U18 2023/24 bisa menyajikan cerita akhir dengan beragam variasi. Masih ada empat klub yang saling sikut untuk bisa lolos ke babak 8 besar dengan skema yang berbeda.
 
Saat ini, penguasa klasemen sementara Grup B adalah PSS Sleman dengan perolehan 36 poin. Di tempat kedua, ada Borneo FC Samarinda yang hanya terpaut dua angka dari PSS. Kedua klub akan saling berhadapan pada dua laga terakhir.

Dua laga tersebut akan jadi super penting bagi Borneo FC untuk menjaga asa lolos ke 8 besar. Pesut Etam setidaknya perlu meraup tiga poin agar Persis Solo dan Persib Bandung yang sama-sama mengoleksi 30 poin, tidak bisa melampaui pencapaian Borneo FC di klasemen akhir.

”Kita semua tim Borneo FC punya tekad akan tampil all-out untuk menang di setiap pertandingan. Bismillah semoga Allah berikan kemudahan buat Borneo FC," kata pelatih kepala Borneo FC Samarinda U18, Mochamad Fakhrudin.

Sebaliknya bagi PSS, apapun hasil di dua laga terakhir tidak akan mempengaruhi kelolosan mereka ke babak berikutnya. Super Elang Jawa tetap akan lolos, meski harus menelan dua kekalahan.

Situasi itu memungkinkan karena PSS memiliki keunggulan head-to-head atas Persis dan Persib apabila ketiga klub sama-sama mengoleksi 36 poin di klasemen akhir. 

Sementara satu-satunya jalan bagi Persis dan Persib untuk bisa lolos ke babak 8 besar adalah menang di dua laga terakhir. Selain berharap Borneo FC tidak bisa mendapatkan tiga poin yang dibutuhkan dan menyelinap masuk ke posisi dua teratas, ada jalan lain yang bisa ditempuh.

Kedua klub masih berpeluang lolos dengan memperebutkan peringkat ketiga terbaik. Apabila Persis dan Persib sama-sama menyapu bersih dua laga terakhir, Persis yang akan lolos karena unggul head-to-head atas Maung Bandung.

”Kami ingin tetap menyatakan ke pemain untuk tetap fokus untuk dua pertandingan sisa. Meskipun kami menghadapi tim di peringkat ke-6, kami tidak mau terlena karena peluang ke 8 besar bisa tertutup. Semoga dengan kami bermain di Solo dan dapat dukungan dari warga Solo, pemain bisa bermain maksimal dan meraih dua kemenangan seperti target yang kami inginkan," tegas pelatih Persis Solo U18, Alief Syafrizal Muhammadin.