Perwakilan J-League Pantau Laga EPA All Stars Game

Perwakilan J-League Pantau Laga EPA All Stars Game

21 November 2023

EPA LIGA 1 U18 2023-24

DEPOK - Hari terakhir gelaran EPA Future Stars Camp 2023 yang berlangsung pada Minggu (19/11), kedatangan tamu istimewa. Sejumlah staf Youth Development Department  J-League, terlihat hadir di venue Nirwana Park Sawangan, Depok.

Rombongan dari negeri Sakura tersebut datang ke Indonesia untuk menyaksikan turnamen usia muda bergengsi, Piala Dunia U-17 yang tengah berlangsung di tanah air.

Akan tetapi di sela kegiatan utamanya, mereka juga melakukan studi banding terkait pembinaan usia muda. Oleh karena itu, momen berlangsungnya pertandingan trofeo EPA All Stars Games tidak mereka lewatkan.

Mereka menyaksikan para bakat muda terbaik EPA untuk kategori U-16 dan U-18 unjuk kebolehan. Setelah itu, mereka menyempatkan diri melakukan diskusi dan studi banding dengan klub Persija Jakarta di Persija Training Centre, Sawangan.

"Selama di Indonesia, kami berharap bisa mengenal klub-klub di sini dan staf-staf akademi. Dan kami sangat senang apabila mendapat kesempatan berkunjung ke akademi," ujar Shigeno Kozaburo, salah satu petinggi Youth Development Department J-League.

Setelah melihat performa para pemain EPA dalam All Stars Games, Shigeno melontarkan pujian. "Kesan pertama kami sangat luar biasa. ini pertama kali kami ke sini dan melihat event untuk usia dini. Kami tidak punya banyak informasi mengenai pemain muda indonesia tapi sangat banyak pemain bagus," tambahnya.

Lebih lanjut, ia mengkomparasi kualitas pemain muda di Indonesia dan Jepang. Menurutnya, tidak ada perbedaan kualitas yang terlalu jauh jika berbicara kategori usia di bawah 16 dan 18 tahun.

"Kalau kita membandingkan pemain muda U16 dan U18, tidak ada banyak perbedaan antara di Indonesia dan di Jepang. Secara teknik mereka punya skill yang bagus dan juga mereka membutuhkan pengalaman. Tapi, beberapa pemain ada yang memiliki pengalaman cukup bagus," tambahnya.