Isi Jeda Kompetisi, Pemain Terbaik U-16 Dan U-18 Ikuti EPA Future Stars Camp 2023

Isi Jeda Kompetisi, Pemain Terbaik U-16 Dan U-18 Ikuti EPA Future Stars Camp 2023

16 November 2023

EPA LIGA 1 U18 2023-24 PERSIJA JAKARTA U18 PERSIB BANDUNG U18 PERSIB BANDUNG U16 PERSIJA JAKARTA U16

TANGERANG – Kompetisi Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 2023/24 tengah memasuki jeda kompetisi. Namun bukan berarti aktivitasnya terhenti sama sekali. Untuk mengisi kekosongan, PT Liga Indonesia Baru menggelar kegiatan bertajuk EPA Liga 1 Future Stars Camp 2023 yang berlangsung 15 hingga 19 November 2023.

Ajang ini diikuti oleh para pemain terbaik EPA Liga 1 2023/24 yang telah bergulir selama 12 pekan. Terdapat 108 pemain terpilih dari kompetisi EPA U-16 dan U-18. Masing-masing kategori dibagi menjadi tiga tim berdasarkan wilayahnya yaitu West, Central, dan East. Setiap tim diisi oleh 18 pemain.

Setelah berkumpul, para pemain menjalani pemusatan latihan atau training camp di Nirwana Park, Sawangan, Depok. Mereka mendapat pelatihan selama tiga hari, untuk selanjutnya menjalani Trofeo Allstar Game. Usai pemain mengikuti turnamen trofeo, akan dipilih 11 pemain terbaik dari kategori U-16 dan U-18.

“Potensi pemain muda Indonesia sangat besar sehingga dibutuhkan wadah bagi mereka untuk bisa menunjukkan kemampuannya. Selain itu, para pemain muda ini merupakan masa depan klub dan sepak bola Indonesia sehingga harus ditunjang secara profesional,” ucap Munafri Arifuddin selaku Direktur LIB.

Tidak hanya pemain, kegiatan ini juga diikuti oleh direktur akademi dari 18 klub peserta. Mereka mendapat kesempatan untuk mengikuti sharing session yang dipandu oleh Head of Performance Unit (HPU) LIB, Ricky Nelson. Materi diskusi di antaranya mengenai penerapan model latihan di klub seperti Persis Solo, Persija Jakarta, PSIS Semarang, dan Borneo FC.

Para direktur akademi juga mendapatkan materi bermanfaat seperti nutrisi, psikologi, dan video analisis dari para pakar. Harapannya, ilmu yang didapatkan bisa diterapkan di klub masing-masing untuk memaksimalkan potensi para pemain muda, khususnya yang berlaga di EPA Liga 1.

“Kita ingin kompetisi kita menjadi yang nomor satu di Asia Tenggara. Untuk itu dibutuhkan pemain yang bagus. Untuk mendapatkan pemain bagus, butuh bantuan dari pelatih-pelatih. Kami berharap, masukan dari pelatih akan menjadi masukan untuk pembenahan yang akan dilakukan PT LIB,” pungkas Munafri.